The Red-Headed League Summary

sherlock holmesNovel ini berkisah tentang Sherlock Holmes, seorang detektif handal dan terkenal yang sering sekali memecahkan berbagai macam kasus sulit. Kali ini bersama Dr. Watson, mereka kembali memecahkan sebuah organisasi bernama Liga Berambut Merah.

Cerita dimulai di sebuah apartmen milik Sherlock Holmes. Saat itu Sherlock Holmes kedatangan tamu seorang lelaki tua bernama Mr. Jaber Wilson dan teman setianya Dr. Watson. Mr. Wilson datang dengan membawa sebuah cerita aneh. Isi cerita itu adalah berawal dari sebuah iklan aneh di Koran yang berisi tentang lowongan pekerjaan yang mengatasnamakan Liga Berambut Merah yang diperuntukan khusus pria-pria yang memiliki rambut bewarna merah.

Mr. Wilson kemudian melanjutkan ceritanya bahwa ia memiliki toko kecil di Saxe-Coburg Square di London, dengan seorang pembantu pintar bernama Vincent Spaulding. Namun ia tidak mendapat cukup banyak uang dari toko nya itu. Mr. Wilson kembali bercerita bahwa koran itu ia dapat dari Spaulding 8 minggu lalu. Spaulding memberikan koran itu kepadanya karena ia berambut merah. Dan ia mengatakan kalau Mr. Wilson bergabung dengan Liga Berambut Merah ia akan mendapatkan banyak uang.

Singkat cerita, Mr. Wilson pergi ke Pope’s Court untuk mendaftar dan iapun berhasil menjadi anggota grup itu. Disana Mr. Wilson di suruh bekerja setiap hari dari jam 10 pagi sampai jam 2 sore dengan bayaran 4 Pound. Tugasnya adalah menyalin buku Enslikopedi Britanica.

Mr. Wilson menerima tawaran itu dengan senang hati dan ia bekerja dengan baik. Setiap hari ia pergi kesana dan mendapat bayaran yang dijanjikan.

8 minggu telah berlalu dan tiba-tiba semuanya berakhir. Pintu kantor Liga Berambut Merah tiba-tiba terkunci dan tertulis di pintu itu “Liga Berambut Merah Telah Berakhir”. Mr. Wilson tidak mengerti apa maksudnya dan tidak ada yang bisa menjelaskan. Karena itu ia mendatangi Sherlock Holmes untuk menangani kasus ini. Holmes sangat tertarik sekali dengan cerita ini.

Lalu Holmes menanyakan soal Spaulding, asistennya. Dan Mr. Wilson menjawab bahwa ia baru sebulan dengannya dan Spaulding bertumbuh pendek dan bergerak cepat. Ia berumur 30 tahun dan mempunyai lubang anting di telinganya.

Holmes sedikit berpikir, lalu kemudian ia dan Watson bergegas pergi ke Saxe-Coburg Square, tempat toko Mr. Wilson untuk penyelidikan. Toko itu rupanya berada di daerah miskin di London. Holmes mencoba mengetuk pintu toko itu dan keluarlah seorang pria muda yang ternyata adalah Vincent Spaulding. Holmes sedikit bertanya kepadanya tentang jalan. Lalu mereka pergi ke belakang toko dan ternyata dibelakangnya adalah jalan yang ramai dan banyak gedung penting termasuk Suburban Bank.

Holmes sangat tekejut. Lalu tiba-tiba ia berkata pada Watson bahwa ini kasus serius. Sebuah tindak kriminal telah direncanakan dan mereka harus mencegahnya malam ini juga.

Malam telah tiba, waktu itu menunjukan pukul 10.00 malam. Holmes dan Watson kemudian berangkat bersama Peter Jones, seorang detektif polisi dan Mr. Merryweather, seorang manajer bank.

Mereka pergi ke sebuah gudang Bank yang terkenal di London. Dan Mr. Merryweather rupanya manajer bank itu. Mr. Merryweather menjelaskan bahwa 2 bulan lalu bank nya menerima banyak emas dari bank Prancis. Itulah sebabnya para kriminal tertarik akan gudang itu.

Dan ternyata tujuan Holmes dan kawan-kawan ke tempat itu adalah untuk mencegah aksi pencurian akan emas-emas itu oleh seorang kriminal yang akan dilakukan malam itu.

Alhasil, setelah menunggu beberapa jam sambil bersembunyi dan mengawasi di balik tempat yang aman di gudang itu, tertangkaplah penjahat itu yang ternyata adalah Vincent Spaulding, pembantu Mr. Wilson yang juga ternyata adalah John Clay, seorang pencuri sekaligus pembunuh yang amat dicari-cari di London.

Rupanya John Clay menyamar sebagai Spaulding dan dialah yang membuat Liga Berambut Merah itu. Tujuannya adalah hanya satu yaitu mereka ingin Mr. Wilson keluar dari toko beberapa jam setiap hari dengan sibuk menyalin buku itu. Dan saat-saat itu ia gunakan untuk menggali untuk terowongan ke sebuah bank yaitu Bank Suburban.

Holmes tahu kapan tepatnya pencurian itu akan dilakukan dari tutupnya kantor Liga Berambut Merah. Dia tahu saat itu mereka pasti sudah siap bergegas.

Holmes tahu juga hari Sabtu malam mereka akan beraksi karena tidak ada yang pergi ke bank hari itu sampai Senin. Jadi mereka memiliki kesempatan 2 hari untuk kabur.

-SELESAI-

Terima Kasih Sudah Berkomentar :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s